Jumat, 19 November 2010

Muggle Studies

Nama: Angelica Cloud

Asrama: Slytherin

Muggle Studies

Aku tak akan membahas tentang darah-murni, darah-campuran, atau Squib, tetapi tentang kebiasaan para muggles di luar sana. Ide ini terbersit saat aku berjalan-jalan di perkampungan muggle (dengan pakaian muggle tentunya) saat liburan lalu, dan melihat sebuah benda bernama televisi, sebuah kotak bergambar dan bersuara, di sebuah rumah.

Orang-orang di dalam kotak itu bersandiwara dengan sangat berlebihan. Aku ketahui bahwa mereka menamakannya 'sinetron' atau 'sinema elektronik'. Sandiwara mereka terlihat parah, riasan dan ekspresi yang tidak masuk akal, serta kata-kata yang kurang pantas untuk diucapkan. Aku memang murid Slytherin dan terkadang mengatakan kata-kata yang kasar. Tapi ini hanya di dalam lingkungan tertentu, tidak seperti mereka, yang mengatakannya hampir di setiap kotak itu. Akan banyak orang yang melihatnya, bukan?

Di saat lain, benda kotak itu memperlihatkan seorang pemuda dengan pakaian khas muggle, dengan sebuah benda persegi panjang (entah apa yang ada dalam benda itu, muggle sering sekali membawanya) yang bernama ponsel. Pemuda itu tertawa, saat ia naik ke sebuah benda berwarna oranye, seperti mobil, tetapi berroda tiga. Entah di mana letak kegembiraannya dengan benda seperti itu. Ia dan kedua temannya bertemu dengan anak-anak kecil dan menyalami mereka dengan tawa juga. Aku masih belum mengerti di mana letak kegembiraan mereka.

Yang aku tangkap dari kejadian tadi adalah, muggle selalu bisa tertawa di setiap saat, tanpa alasan yang jelas. Mereka bersandiwara di dalam sandiwara. Di luar kotak itu, mereka menunjukkan ekspresi yang sangat berbeda. Lebih baik muggle tak membutuhkan benda-benda itu. Kotak bergambar dan bersuara, benda mirip mobil berwarna oranye dan berroda tiga, atau juga yang lainnya.

Kita di dunia sihir tidak membutuhkan semua itu, dan tidak juga perlu bersandiwara seperti itu. Kita menghadapi tantangan dari naga berapi dengan tongkat sihir dan sapu terbang kita. Tak perlu ada benda oranye itu. Tidak bisa tersenyum jika bertemu dengan orang-orang yang bahkan kita tidak tahu siapa. Berita selalu tersedia lewat Daily Prophet yang diantarkan oleh pos burung hantu. Tidak repot untuk mendapatkannya. Ya, walaupun Rita Skeeter menuliskannya dengan sangat-tidak-masuk-akal, tapi kita bisa mengetahui apa yang sedang terjadi di dunia sihir.

Akhir kata, muggle is so boring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar